Naik Angkutan Umum dari Mojosari ke Bandara Juanda, Rute dan Tarif

2:33 AM

Dari Mojosari ke Bandara Juanda ternyata bisa ditempuh menggunakan transportasi umum. Beneran, gak bohong. Saya sendiri telah mencobanya, kebetulan waktu itu harus terbang ke Kalimantan melalui Bandara Juanda dan Saya harus mencari cara agar sampai ke Bandara karena dari rumah tidak ada yang mengantar. Lagi pula betapa isengnya Saya kalau cuma nyobain angkutan umum dari rumah sampai Bandara.

Jejak cahaya pesawat lepas landas di Bandara Juanda.

Tiga hari sebelumnya setelah mengetahui Saya harus terbang ke Kalimantan untuk suatu urusan, Saya langsung membayangkan akan naik angkutan apa saja agar bisa sampai di Bandara. Awalnya sempat terpikirkan minta antar saja, tapi sama siapa? Tidak ada yang bisa Saya minati tolong. Mau naik angkutan online tapi terlalu jauh juga. Angkutan umum satu-satunya solusi yang ada. Saya pun mulai mengira-ngira dari Mojosari harus ke mana kemudian ke mana lagi? Jalur mana yang tercepat karena harus sampai Bandara pagi? angkutan apa saja yang harus saya naiki? dan berapa ongkos yang akan saya keluarkan?

Saya mulai browsing di Internet, mengumpulkan informasi. Kabarnya ada angkutan dari Kota Mojokerto langsung ke Bandara Juanda, tapi akan terlalu jauh dan memutar kalau harus ke Kota  dulu. Sementara Mojosari terletak di sebelah timur Kota dan Bandara Juanda lebih ke Timur dan ke Utara dari Mojosari. Yang Saya tahu semua angkutan umum antar kota di Jawa Timur ujung-ujungnya ke Terminal Purabaya di Bungurasih dan Terminal bus inilah yang terdekat dengan Bandara Juanda. Saya juga mendapat info kalau dari Terminal bus ini ada angkutan khusus ke Bandara Juanda. Jadi Saya harus mencari rute bagaimana caranya agar bisa mencapai Terminal Bus Purabaya.



Naik Kereta Api? bukan opsi dan tidak terpikirkan sama sekali karena di Mojosari tidak ada stasiun kereta api, dilewati pun tidak.

Ada dua rute paling masuk akal yang Saya buat untuk mencapai Terminal Bus Purabaya. Pertama lewat Japanan, berdasar pengalaman naik anguktan umum rute ini lebih masuk akal dari pada rute ke-dua, lewat Krian. Meski di Google Maps terpampang jelas jalur ke Terminal Purabaya lewat Krian lebih dekat dan cepat tapi angkutan dari Mojosari ke Krian itu yang sulit. Hanaya ada angkot yang jarang lewat dan jalannya lambat.

Tentu rute Mojosari > Japanan > Terminal Purabaya > Bandara Juanda menjadi pilihan. Pagi itu dimulailah petualangan menyusuri jalur angkutan umum dari Mojosari ke Bandara Juanda. Pertama Saya memesan ojek online dari rumah ke Mojosari, ongkos yang Saya bayarkan Rp. 6.000 saja. Saya harus menunggu beberapa menit untuk Bus Kuning (sebutan untuk bus jurusan Mojokerto - Pasuruan karena badannya berwarna kuning) lewat. Dari Mojosari ke Japanan ongkos yang waktu itu Saya bayarkan Rp. 7.000, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, enggak murah tapi ya emang segitu harganya. Pagi hari merupakan waktu yang sibuk karena banyak karyawan pabrik di Ngoro yang menumpang. Kemudian dari Japanan Saya menumpang bus ekonomi jurusan Malang - Surabaya yang pertama lewat saat itu, Saya tidak terlalu pilih-pilih untuk menunggu bus berikutnya yang lewat karena diburu waktu. Dari Japanan ke Purabaya ongkos yang Saya bayarkan Rp. 8.000, dengan waktu tempuh hampir satu jam.

Berikutnya dari Terminal Purabaya ke Bandara Juanda. Sudah ada angkutan khusus tapi waktu itu karena kekurang tahuan, Saya sempat berputar-putar di dalam Terminal. Hampir saja menuju tempat pemberangkatan bus antar kota. Saya bertanya kepada petugas di mana tempat keberangkatan bus ke Bandara Juanda. Setelah diberi tahu ternyata tempat pemberangkatan bus ke Bandara berada di tempat kedatangan bus antar kota, tepat di sebelah jalur Saya turun tadi. Oh Tuhan..
Karcis penumpang Angkutan Khusus Bandara Juanda.

Tidak perlu menunggu lama setelah Saya naik, karena ini memang bus khusus jadi berapa pun penumpangnya tetap akan diberangkatan. Angkutan Khusus Bandara Juanda ini diberangkatkan setiap sekian menit, saya agak lupa tapi mungkin setiap 30 menit sekali. Tarif Angkutan Khusus yang dioperatori Perum Damri dari Terminal Purabaya ke Bandara Juanda adalah Rp 25.000 dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit tergantung kepadatan lalu lintas. Dan nanti saat sampai di Bandara bus akan berhenti di setiap gate maskapai yang akan dinaiki oleh penumpang, jadi tidak perlu khawatir kesasar dan kebingungan di sana, apalagi untuk yang pertama kali ke Bandara naik bus seperti Saya kemarin.

Saya sampai di Bandara sesuai dengan waktu yang saya perkirakan dari rumah, tidak sampai tiga jam.

Agar lebih mudah bagi sampean yang enggan membaca tulisan basa-basi yang panjang ini, berikut Saya buatkan rekapnya;

  • Rumah - Mojosari : Ojek online Rp. 6.000, 5 menit.
  • Mojosari - Japanan : Bus Kuning Rp. 7.000, 30 menit.
  • Japanan - Terminal Purabaya : Bus AKDP Malang - Surabaya Rp. 8.000,  1 jam.
  • Terminal Purabaya - Bandara Juanda : Bus Khusus (Damri) Rp. 25.000, 25 menit.

Lalu pulangnya, bagaimana angkutan dari Bandara Juanda ke Mojsari? Tentu saja tinggal membalik rute yang sudah dilewati. Tapi waktu itu sudah larut malam dan kebetulan ada teman yang mengantar, jadi Saya tidak perlu merunut berpindah-pindah angkutan umum lagi.

Nah, sampai juga di akhir tulisan. Terima kasih telah mampir dan membaca uraian Saya. Semoga membantu dan jadi bahan pertimbangan dalam rencana Traveling sampean.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe