Mendaki Argopuro

Bulan Agustus 2017 Saya berkesempatan mendaki Gunung Argopuro. Terletak diantara Probolinggo, Situbondo, Bondowoso dan Jember, begitu yang dikatakan peta. Saat itu saya naik lewat jalur Baderan di Situbondo kemudian pulangnya lewat Bremi.

Puncak Argopuro
Gunung Argopuro ini memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu menanjak tapi landai dan panjang sekali. Sejak meninggalkan pos perijinan, setelah berjalan setengah hari pun masih belum masuk hutan, masih di kawasan kebun warga. Pun ketika sudah di hutan, jalannya panjang sekali. Semakin tinggi posisi kita, semakin banyak savana yang akan ditemui. Sampai pada akhirnya sampailah di Cikasur.



Pertama kali sampai di Cikasur pandangan jauh ke segala arah adalah padang rumput. Konon ceritanya, Cikasur dahulu ialah lapangan terbang saat masih zaman peperangan. Ngapain mereka dulu bikin bandara tinggi-tinggi dan jauh di gunung begini? Tapi saat diamati saya menemui beberapa pondasi bekas bangunan, entah sekedar shelter atau apa. Saat itu saya tidak bermalam di Cisentor karena masih siang, jadi saya pikir lebih baik melanjutkan perjalanan saja. Di sana saya hanya masak air untuk menyeduh teh.
Savana Cikasur
Malam ke-dua Saya menginap di Cisentor. Di sini terdapat sedikit tanah lapang untuk beberapa tenda dan sebenarnya ada pos juga. Berkemah di sini di bawah rerumbunan pohon pinus. Dekat dengan sungai yang mengalirkan air jernih dan dingin. Saat malam kebetulan langit cerah saat itu. Saya motret bintang di langit. Pertama kali motret milkyway yang membuat Saya terkagum-kagum melihat hasil foto. Pengalaman yang menakjubkan. Namun karena masih dikelilingi pepohonan. Saya tidak dapat menghasilkan foto dengan langit yang lapang. Tapi saya tetap puas.
Milkyway di Cisentor
Hari berikutnya dari Cisentor ke puncak tidaklah terlalu jauh tapi terasa lebih menanjak. Argopuro ini memiliki dua puncak utama, yakni Rengganis dan Puncak Argopura itu sendiri. Kedua puncak ini bersebelahan agak jauh. Bila dari Cisentor, Puncak Argopuro berada di sebelah kanan, sedangkan Puncak Rengganis berada di sebelah kiri.
Taman Hidup
Satu lagi tempat yang ngengeni dari Argopuro ini ialah Taman Hidup. Merupakan Danau air tawar yang luas, dari sini tampak puncak Argopuro. Namun sayang saat itu saya tidak bermalam di sana, Saya hanya berhenti untuk istirahat makan siang kemudian melanjutkan perjalanan pulang. Suatu saat nanti Saya berkeinginan ke sana lagi, ke Taman Hidup saja untuk menginap beberapa malam.

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram