Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Setelah Berhasil Membayar Pajak Motor di Tokopedia, Apa Yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Setelah berhasil melakukan pembayaran pajak motor di Tokopedia, wajib pajak akan mendapatkan SMS berisikan link/url menuju file e-STNK. Segeralah buka link ini saat terhubung ke internet kemudian unduh file e-STNK-nya untuk disimpan. Tak lupa simpan juga link/url-nya bila perlu sekalian SMS dari Samsat, siapa tahu suatu hari akan dibutuhkan lagi.

STNK Asli.

Lalu apakah perlu melakukan pengesahan dan pencetakan e-STNK ke Samat? Dulu saat pertama kali melakukan pembayaran pajak melalui Tokopedia Saya tidak melakukan pencetakan STNK di samsat karena Saya meyakini e-STNK yang saya dapat dan simpan sudah merupakan bukti sah pembayaran pajak. Namun setelah membuat artikel tentang mudahnya membayar pajak motor melalui Tokopedia dan mempostingnya di blog ini dan mendapati komentar dari pembaca yang menanyakan tentang perlunya mencetak STN ke Samsat, Saya jadi goyah. Perlu gak sih mencetak STNK di Samsat?

Tempo hari setelah melakukan pembayaran pajak motor untuk tahun ini Saya jadi penasaran dan ingin membuktikannya sendiri soal pentingnya melakukan pencetakan STNK di Samsat. Saya pun bergegas ke Samsat terdekat. Sampai di sana Saya menghadap petugas informasi di dekat pintu masuk lalu menanyakan perihal pencetakan STNK sambil menujukkan e-STNK di layar ponsel. Belum selesai Saya bertanya petugas langsung menjawab "ini sudah jadi", selanjutanta petugas menjelaskan bahwa e-STNK yang Saya tunjukkan sudah sah dan tidak perlu dicetak di Samsat, kalau mau mencetaknya disarankan untuk nge-print sendiri dengan printer dan kertas biasa di rumah, begitu juga boleh.

Setelah mendapatkan penjelasan Saya pun pulang dengan perasaan yang jelas tanpa keraguan. Jadi kesimpulannya, e-STNK yang kita dapat dari melakukan pembayaran pajak motor secara daring merupakan bukti sah dan tidak perlu melakukan pencetakan di Samsat dan alangkah baiknya bila e-STNK diprint ke kertas sebagai bukti fisik (jaga-jaga kalau ada razia polantas di jalan lalu kebetulan tidak menyimpan file e-stnk di ponsel atau sebab lainya) untuk ditunjukkan.

Comments