Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Bagaimana Saya Mendapatkan Ide untuk Menulis?

Bahkan untuk membuat kalimat pembuka postingan ini pun Saya masih mengalami kesulitan. Harus berpikir beberapa waktu untuk memulainya. Bukannya Saya tidak tahu atau tidak punya ide, tapi memulai memang pekerjaan yang sulit buat Saya, apa pun itu. Apa lagi menulis bukanlah keterampilan yang Saya pelajari dan tekuni, tapi Saya menganggap menulis tetap harus dilakukan, paling tidak untuk mencatat jurnal pribadi.

Alat tulis kontemporer, keyboard pada laptop.

Lalu bagaimana Saya bisa menulis? bagaimana Saya mendapatkan ide untuk menulis? Saya punya cara sendiri untuk mendapatkan ide menulis. Mungkin berikut ini beberapa hal yang paling sering Saya lakukan untuk mendapatkan ide menulis.

Membaca. Kegiatan termudah untuk mendapatkan ide menulis adalah dengan membaca (ya paling tidak ini menurut Saya). Bahkan ada yang bilang syarat utama bisa menulis adalah dengan membaca. Saya biasanya membaca buku-buku fiksi atau novel, sudah gak pernah baca buku ilmiah, padahal dari sinilah pengetahuan bisa didapat. Kadang Saya juga masih membaca koran. Di waktu luang kadang Saya juga membaca tulisan orang lain di blog. Tapi belakangan ini sepertinya Saya sudah mulai jarang membaca tulisan yang panjang-panjang.

Melihat Foto. Kadang dengan melihat foto-foto dari masa yang lalu bisa menimbulkan ide menulis, tentu saja akan ada kengangan yang muncul dari melihat foto-foto. Saya biasa menyimpan foto di harddisk untuk foto dari kamera DSLR yang mungkin akan Saya gunakan atau edit. Foto-foto dari kamera ponsel biasanya akan otomatis terunggah ke layanan back up foto seperti Google Photos atau iCloud. Biasanya Saya memang tidak langsung menggunakan foto yang baru Saya potret untuk diunggah ke media sosial atau ke mana pun itu. Bahkan bisa sampai lupa pernah motret sesuatu dan baru ingat ketika melihat-lihat foto di direktori Google Photos. Dari sana lah kadang Saya mendapatkan ide menulis. Menceritakan kisah dibalik foto.

Menonton Film. Sepengalaman Saya, menonton film bisa membuat Saya berfantasi, bagaimana kalau Saya terlibat di dalam cerita yang barusan ditonton? Mungkin ini juga lah yang diharapkan oleh pembuat flm. Khayalan-khayalan itu yang membuat Saya punya ide untuk menulis. Atau paling tidak Saya bisa menulis sebuah review film. Pernah Saya lakukan dan tuliskan beberapa kali di blog ini.

Traveling. Kemudian hal yang paling Saya suka lakukan untuk mendapatkan ide menulis adalah dengan bepergian. Mungkin karena pada dasarnya Saya memang suka traveling, jadi meski tidak ada niatan bepergian untuk mencari ide menulis, ke mana pun bisa tiba-tiba mendapatkan ide untuk menulis. Dengan traveling biasanya Saya mendapatkan ide tentang tempat-tempat yang Saya kunjungi atau kejadian-kejadian yang Saya alami selama traveling. Bepergian mengunjungi tempat-tempat baru dan meninggalkan kebiasaan, bisa memunculkan ide-ide baru.

Menulis. Hal terakhir yang Saya lakukan untuk mendapatkan ide menulis adalah menulis. Dengan memaksakan diri menulis. menuangkan yang ada di dalam pikiran, akan memudahkan mendapatkan ide-ide berikutnya. Setelah menuliskan beberapa kalimat, ide bisa muncul setelahnya. Karena memang tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menulis selain menulis itu sendiri.

Comments