Batu Flower Garden Coban Rais, Air Terjun yang Menjadi Wisata Foto Selfie

11:08 PM

Awalnya, Batu Flower Garden terdengar asing di telinga, tapi kemudian setelah mendengar kalau berada di tempat yang sama dengan Coban Rais, Saya baru mengerti di mana tempatnya. Saya bukan sedang mereview tapi Saya akan bercerita dan membandingkan Coban Rais sebelum dan sesudah adanya Batu Flower Garden.

Spot foto utama Batu Flower Garden .
Sudah lama sebenarnya dan Saya tidak terlalu ingat kapan selain saat itu Saya masih di awal masuk kuliah. Ya mungkin circa 2010-an. Saat itu Coban Rais masih dikenal sebagai air terjun yang memiliki tempat kemah di dekat parkiran. Waktu itu pun saya ke sana sedang mengunjungi teman yang sedang berkemah ramai-ramai. Sepi sekali, ya mungkin tidak terlalu sepi karena ramai teman-teman pengunjung lain, tapi ya hanya mereka yang berkemah. Waktu itu saya ke sana sudah malam, jadi gak ada pemandangan yang bisa Saya saksikan. Pun paginya saya tidak pergi jauh dari tenda, ngopi kemudian ikut sarapan setelah itu pulang. Saya tahu di sana ada air terjun, tapi denger-denger jaraknya jauh, jadi Saya juga ogah untuk ke sana.

Setengah dekade kemudian saat menjelang akhir masa kuliah. Saya iseng main ke Coban Rais lagi. Kali ini memang bertujuan ke Air Terjunnya. Dan ternyata memang benar, lokasi air terjunnya jauh sekali dari parkiran. Hanya  bisa ditempuh dengan jalan kaki melalui jalur setapak. Mungkin ya sekitar tiga puljuh menit, atau bahkan lebih. Selain itu jalurnya juga harus menyeberangi kali. Batu-batuannya licin. Waktu itu Batu Flower Garden sudah ada, baru mulai dibuka. Saya tidak mampir ke taman-taman berbunga itu. Tidak minat.
Jalan setapak menuju Coban Rais.
Waktu berselang dan tahun pun berganti. Ada seorang teman mengajak Saya ke sana. Dia sedang merintis bisnis travel wisata Kota Batu. Saya diminta untuk mendokumentasikan keceriaan tamunya. Ya motret-motret aja waktu itu.

Sepertinya, media sosial berdampak kepada perubahan taman berbunga ini. Lahan yang dulu ladang sayuran kini sudah diubah menjadi taman cantik fotogenik yang siap dijadikan spot foto. Bahkan di setiap titik foto favorit, sudah disediakan tukang fotonya juga. Ada banyak tempat untuk berfoto. Sampai capek mengikuti para wisatawan ini jalan-jalan. Wisata alam yang dulunya hutan dan ladang kini menjadi ramai wisatawan yang gemar berfoto. Ya tidak ada aktivitas lain di Batu Flower Garden selain berfoto. Dulu sih pernah lihat  ada ATV dan sling untuk flying fox. Lagi pula orang zaman sekarang kalau rekreasi pasti gak bakal melewatkan untuk berfoto.

Tempat kemah di Coban Rais yang berubah menjadi wisata spot foto memang tidak ada yang salah, apalagi kalau terbukti dengan begini memang lebih menguntungkan, secara ekonomi. Teman saya jadi ada kerjaan untuk usaha tour dan travelnya. Saya juga jadi ada kerjaan buat motret.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe