RIP Micro SD Card

6:26 AM

Masih agak capek sisa perjalanan dari Kalimantan semalam. Pagi-pagi ngecek hape, tap-tap beberapa aplikasi lalu, kok nge-hang? Karena saking lamanya akhirnya hape aku paksa matiin dan syukurlah masih bisa nyala lagi. Tapi masalah baru dimulai, atau mungkin sudah dari semalam tapi baru sadar. Muncul icon Micro SD di tiap apps yang sebagian file instalasinya berada di Micro SD. Duh masalah baru nih.

Micro SD yang rusak.

Aku mulai melepas Micro SD dari hape, memasanganya di Card reader PC ber-OS Windows kemudian mencoba memformat. Seperti yang sudah diduga, gak bisa diformat. Aku coba pindah ke Laptop ber-OS Linux berharap bisa diformat di sana tapi tetap tidak bisa. Isi Micro SD tetap bisa diakses tapi tidak bisa ditambahkan file baru maupun dihapus.

Sebenernya ini bukan pertama kali aku mengalami kerusakan Micro SD seperti ini,dulu sudah pernah entah beberapa kali. Dan emang belum dapet solusi teknis kecuali beli baru. Micro SD yang rusak bermerk Sony kapasitas 32 GB. Sebenarnya merk tidak ada hubungannya, semua merk Micro SD berkemungkinan mengalami masalah yang sama. Dulu pernah SanDisk, sama juga masalahnya, tidak bisa menambah dan menghapus file bahkan format, tetap saja, corrupted and unable to fromat. Solusinya? tentu saja beli baru.

Sekarang aku coba beli merk V-Gen, kapasitas 16 GB, karena kemarin 32 GB jarang keisi sampai separuh. Aku gak berharap merk ini bakal awet atau nggak rusak dalam waktu yang lama, meski mereka menawarkan garansi seumur hidup. Jadi pengen nyobain juga gimana kalo nanti rusak (pasti bakal rusak juga) apa beneran bisa klaim garansi. Katanya bakal diganti baru. Semoga aja bisa dipakelebih lama, lebih awet atau rusaknya barengan sama hapenya aja nanti. Kalau beli lagi sekalian yang baru semua.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe