Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Ide menulis cerita ini datang ketika seorang teman meminta dikasih tahu cara mematikan notifikasi dari Youtube, iya saya menyebutnya cerita saja bukan tutorial meskipun memuat cara step by step. Saat itu Saya meminta dia untuk browsing saja dan mencari tahu sendiri tapi katanya dia sudah browsing namun tidak menemukan cara yang dia cari. Nah ini nih kesempatan untuk dijadikan tulisan, pikir saya, padahal mungkin saja sudah ada yang menulis tapi Saya sendiri juga belum mencari tahu di internet.
Mengakses Youtube dari smartphone.
Kemudian Saya tanya balik, "notifikasi yang mau kamu matikan itu notifikasi di smartphone apa desktop (browser)?" Dua-duanya ujarnya. Oke, kemudian Saya mencari tahu bagaimana cara mematikan notifakasi, seharusnya saya tahu dengan mudah karna ini memang perkara mudah. Cara untuk mematikan notifikasi ini hanya saya tuliskan untuk smartphone Android karena hape saya ya cuma Android ini. Begini caranya.

Cara 1 di hape. Notifikasi di smartphone pastinya datang dari aplikasi yang diinstall, apa pun itu dan semua aplikasi seharusnya ada opsi untuk menonaktifkan notifikasi di setting atau pengaturan aplikasi. Youtube sebagai aplikasi besutan Google sudah pasti memberika akses ini kepada penggunanya.

Caranya, Saya asumsikan sampean menggunakan bahasa inggris di hape :
  1. Buka app Youtube
  2. Tap logo/avatar channel kamu
  3. Settings
  4. Notifocations
  5. Switch On/Off notifikasi yang mau diidupin/matiin
Cara 2 di hape. Cara berikutnya masih di hape. Sama halnya dengan operating system di laptop atau desktop, Android itu juga OS yang sudah pasti pengaturan yang memiliki akses untuk mengatur aplikasi yang terinstal. Dari menu setting bawaan system kita bisa mengatur akses aplikasi semau kita, merubah notifikasi seharusnya hal mudah. Cara ini saya coba di Sony Xperia Z3 Compact dengan Android versi 6.0.1 Marshmallow. Hape dan android versi lain seharusnya sama saja, tidak jauh berbeda. Jadi begini caranya.
  1. Buka Settings
  2. Sound & notifications
  3. App notifications
  4. Downloaded
  5. Youtube
  6. Block all (switch on untuk mematikan seluruh notifikasi dari Youtube)




Cara 1 di desktop/laptop. Melalui cara ini notifikasi dirubah melalui pengaturan di browser. Ada beberapa browser populer yang mungkin banyak digunakan orang. Saya sendiri menggunakan Chromium kadang juga Firefox. Keduanya punya cara yang berbeda. Namun kira-kira seperti ini cara yang jamak untuk mengakses pengaturan notifikasi.
  1. Masuk ke setting/pengaturan browser
  2. Cari tab yang berkaitan sama notifikasi
  3. Switch off/disable notifikasi dari Youtube.
Cara 2 di desktop/laptop. Tentu saja kita harus terhubung ke jaringan internet untuk menggunakan cara ini. Karena kita akan masuk ke settings atau pengaturan Youtube melalui browser.
  1. Login ke Youtube
  2. Trus masuk setting akun, klik ikon/avatar kamu sendiri > Setting > Notifications
  3. Di tab notifikasi in banyak hal yang bisa dilakukan dengan notifikasi, mamu memilih notifikasi yang ditampilkan di desktop atau dikirim via email, memilih salah satu atau mematikan semua notifikasi, mematikan notifikasi yang terhubung dengan browser, dan lainnya. Lakukan sesuka sampean.
Semoga cara mematikan notifikasi ini dapat membantu, kalau pun tida kita bisa menyaksikan perubahan yang terjadi di masa depan tentang pengaturan notifikasi ini.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]