Pengalaman Mengurus Kehilangan Kartu BPJS

Pengalaman ini saya alami saat bapak saya sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Saat itu ketika mengurus administrasi maunya didaftarkan menggunakan askes milik bapak (ini jadul banget, askes ialah jaminan kesehatan dari zaman orde baru). Apesnya, kartu askes milik bapak hilang entah kemana, akhirnya didaftarkan sebagai pasien umum saja. Bagi sampean yang enggan mambaca cerita Saya ini, skip saja ke langkah mengurus kehilangan kartu BPJS di akhir posting ini.

Mengantri di BPJS Mojosari.
Esoknya, Saya diminta untuk mengurus kehilangan kartu ini, tapi ke mana? Pak De saya menyarankan langsung saja ke kantor BPJS karena saat ini pemilik kartu askes dialihkan ke BPJS, begitu katanya. BPJS KIS atau apalah itu namanya, banyak sekali sekarang namanya. Mengikuti saran Pak De yang katanya mengurus kehilangan kartu BPJS tidaklah ribet, Saya bergegas ke kantor BPJS. Sepanjang perjalanan menuju kantor BPJS di Mojosari, pikiran Saya penuh dengan spekulasi semudah apa sampai keribetan menghadapi birokrasi. Saya memang begitu, suka gak sengaja memikirkan apa saja dari enak sampai gak enaknya.

Sampai di kantor BPJS, Saya menemui Satpam yang berjaga di pintu. "Pak, Saya mau mengurusi kehilangan kartu BPJS, bagaimana caranya?" begitu saya bilang. "Ini mas, tolong diisi formulirnya, sama harus ada materainya" balas pak Satpam. Saya diberi formulir, semacam surat pernyataan kehilangan. Di form itu terdapat kolom nama, nomor KTP, nomor KK, dan tentu saja kolom nomor kartu BPJS. Nah karena yang mau saya lakukan di sini ialah mengurus kehilangan kartu, mana mungkin saya tahu nomor kartu BPJS bapak, akhirnya ya Saya kosongi saja. Kemudian tanda tangan diatas materai dan menghampiri pak satpam lagi, apa yang harus saya lakukan berikutnya. Oleh pak satpam Saya diberi nomor antrian.



Saya duduk di kursi bersama para nasabah BPJS lainnya menunggu giliran dipanggil. Saat dipanggil, langsung saja saya serahkan form yang sudah saya isi tadi. kemudian oleh mbak-mbak petugas saya diminta menyerahkan KTP bapak saya dan KK. Setelah itu kita diam saja, tidak saling bicara. Tak berapa lama, kartu BPJS baru milik bapak saya telah jadi, cepat sekali. Ketika saya tanya apakah ada lagi yang harus saya lakukan setelah ini, ternyata tidak ada. Kemudian saya pamit dan mengucap terima kasih.

Berikut rekap cara mengurus kehilangan kartu BPJS step-by-step:
  1. Datang ke kantor BPJS, temui security atau siapapun di front desk.
  2. Minta form pernyataan kehilangan kartu BPJS.
  3. Isi form pernyataan.
  4. Siapkan materai 6000 untuk ditanda tangani.
  5. Ambil nomor antrian kemudian tunggu saja dipanggil.
  6. Setelah dipanggil, serahkan form, KTP, dan KK.
  7. Tunggu saja, ndak usah banyak bicara.
  8. Selesai.
Nah, demikian pengalaman saya saat mengurus kehilangan kartu BPJS milik bapak saya. Ternyata tidak seribet dalam pikiran saya.

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram