Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Gowes Touring ke Kota Pasuruan

Halo, sudah agak lama nih saya tidak posting tentang cerita bersepeda. Ya faktanya memang belakangan ini saya jarang bersepeda agak jauh, apa lagi yang ada ceritanya.

Makan siang di tempat tujuan. Sampai di Pasuruan Saya singgah di taman dengan pohon-pohon besar untuk berteduh di terikny langi Pasuruan siang itu. Selama beristirahat di sana Saya makan bekal nasi kuning yang Saya bawa dari rumah. Selain itu Saya juga masak kopi, sekedar untuk bersantai.

Hari itu saya gowes berangkat pagi, tidak terlalu pagi sebenarnya kalau dibandingkan orang-orang yang biasa gowes akhir pekan yang jauh-jauh. Saya gowes ke arah Pasuruan. Sebenarnya rute gowes kali ini sudah Saya rencanakan lumayan lama, tapi eksekusinya saja yang tidak kunjung dilakukan. Sampai akhirnya datanglah hari ini.

Untuk gowes kali ini saya berencana malaluinya dengan santai, tidak ngebut-ngebut seperti sebelumnya yang pada akhirnya bikin capek di badan. Biasanya kalau saya gowes berangkat pagi, target pulang sampai rumah adalah siang hari. Ternyata ini kalau gowes agak jauh jadinya terburu-buru dan melelahkan. Jadi gowes ke Pasuruan kali ini saya merencanakan pulang sore. Ya, target saya sampai rumah pas waktu sudah sore. Biar tidak terlalu terburu-buru dan bisa punya banyak waktu untuk mampir-mampir istirahat.

Waktu berangkat Saya sangat bersemangat. Karena masih pagi dan tenaga masih prima, saya bisa gowes tanpa henti. Bukan tidak berhenti sama sekali, tapi maksudnya tidak perlu berhenti istirahat terlalu lama.

Tujuan pertama saya kala itu adalah ke Pelabuhan Pasuruan. Saya ke Pelabuhan karena ingin melihat laut dan pantai. Tapi ternyata pantainya tidak ada dan lautnya kelihatan masih jauh. Pelabuhan ini katanya sudah ada sejak jaman dulu, dulu banget. Dulunya kapan saya masih kurang informasi. Terlihat ada bangunan-bangunan lawas di sekitar pelabuhan ini. Sejak berangkat dari rumah sampai di pelabuhan ini waktu yang saya tempuh sekitar dua jam saja.

Selepas dari pelabuhan saya lanjut gowes ke tengah kota. Pasuruan hari itu panas sekali. Saya mencari taman dengan pepohonan besar yang rindang dan teduh untuk beristirahat. Setelah muter-muter ketemulah saya dengan Hutan Kota Pasuruan yang letaknya ada di depan Dinas Perpustakaan Kota Pasuruan. Saya beristirahat cukup lama di taman ini. Saya makan siang bekal nasi kuning yang saya bawa dari rumah sambil memasak air untuk bikin kopi. Ya, di tengah panasnya Pasuruan saya masih sempat bikin kopi. Lewat tengah hari dan istirahat yang cukup lama saya mulai berangkat pulang. Jalan pulang saya masih harus melewati tengah kota lagi.

Ketika gowes di Pasuruan yang panas ini, saya ketemu dengan penjual es doger di tepi jalan. Nah mungkin ini yang harus saya lakukan ketika ingin menikmati suasana Pasuruan di siang hari, beli es. Saya mampir untuk beli satu porsi es doger dan langsung menikmatinya di sana. Pasuruan masih panas.

Habis minum es saya lanjut gowes. Perjalanan pulang akan lama karena energi yang sudah terkuras sebagian. Saya memang masih sangat pemula untuk mengatur energi waktu gowes, masih serampangan. Saya mampir lagi di alun-alun Pasuruan. Rasanya kurang lengkap saja kalau mengunjungi suatu kota tapi tidak mampir ke alun-alunnya. Tidak lama saya di alun-alun Pasuruan karena cuaca sedang panas-panasnya, sementara pepohonannya sedikit. Hanya ada di pojokan yang juga sedang ramai orang berteduh. Serpertinya alun-alun ini direnovasi mau meniru arab dengan pohon palem dan kurmanya.

Hari masih siang saya melanjutkan gowes pulang. Selama perjalanan saya berkali-kali berhenti setiap bertemu dengan pohon yang rindang atau indomart atau alfamart atau masjid (mampir masjidnya cuma sekali aja sih). Lama saya gowes di jalan dan akhirnya sampai rumah waktu sudah sore. Dibandingkan waktu tempuh berangkat yang hanya sekitar satu jam, pulangnya hampir empat jam karena harus banyak berhenti untuk istirahat.

Rute yang Saya lewati, lumayan jauh juga jarak pulang-pergi buat Saya yang jarang gowes ini.

Tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Masak kopi dan menikmati perbekalan.

Mampir alun-alun pasuruan.

 Oh ya, jaman sekarang ini kalau berkegitan dan mendokumentasikannya tanpa memamerkannya ke internet itu rasanya masih kurang lengkap. Jadilah gambar-gambar video yang saya dokumentasikan hari itu saya edit dan jadilah konten di Youtube. Diedit ala-ala vlog gowes gitu heheh..

Jadi, cerita ini juga bisa ditonton vlognya di Youtube:

Comments