Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Ikut Menyembelih Hewan Kurban

 Hari Kamis kemarin adalah hari raya Idul Adha. Seperti biasa setelah melaksanakan sholat ied, warga pulang sebentar, berganti pakaian kemudian kembali berkumpul di pelataran masjid untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban. Sangat menarik terutama bagi anak-anak.

Saya pun ikut dalam proses ini. Di kampung saya, setiap RT mengirimkan delegasi sebagai panitia kurban, panitia ini sifatnya suka rela saja. Tidak ada paksaan, bagi yang berhalangan hadir ya tidak apa-apa. Warga yang terlibat tetap saja banyak, terutama para pemuda yang akan sungkan sendiri kalau gak datang.

Sejak pagi selepas sholat ied, setelah seluruh sapi dan kambing yang akan dikurbankan telah berkumpul, penyembelihan segera dimulai. Bersamaan sapi dan kambing disembelih. Setelah darah mengucur dan hewan kurban tidak bergerak sama sekali, maka proses selanjutnya adalah menguliti.

Saya paling suka proses menguliti ini, karena hanya ini bagian yang bisa dan mudah saya lakukan. Kemarin itu saya selesai menguliti dua ekor kambing. Saya mengulitinya tidak sendirian, bersama warga lainnya. Meskipun hanya dua kambing, rasanya sudah lumayan capek. Ya mohon maklum saja, keseharian saya memang tidak pernah berurusan dengan penjagalan.

Setelah dikuliti, hewan kurban dikeluarkan jeroan perutnya. Daging dan tulangnya ditimbang dulu sebelum dipotong-potong. Setelah didapat total jumlah keseluruhan daging yang ada, daging yang telah dipotong dibagi lagi, ditimbang lagi sejumlah warga seluruh kampung.

Seluruh proses ini memakan waktu setengah hari. Siang hari tepat waktu duhur, daging dibagikan ke seluruh warga oleh setiap panitia dari tiap RT yang tadi didelegasikan.

Timbangan yang telah disiapkan untuk membagi rata daging.

Kambing-kambing yang dipegangi untuk disembelih, ada juga yang telah tergeletak.

Mengikat kambing yang telah disembelih ke sebatang bambu yang ditumpukan pada pohon untuk menggantung kambing. Nantinya kambing akan dikuliti di sini.

Warga bersama-sama merebahkan sapi untuk kemudian disembelih.

Seekor kambing diikat di pohon menunggu giliran untuk disembelih.


Comments