Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Lika-liku Blog 2022

 Apa saja yang sudah Saya lakukan untuk blog ini sepanjang tahun 2022 ini? hampir tidak ada. Tahun ini blog ini seperti mengalami fenomena senjakala seperti media massa. Ditinggalkan. Oleh siapa? Saya sendiri. Dalam setahun ini Saya menulis untuk blog ini tidak melebihi jumlah jari di kedua tangan. Saya sendiri seperti mengalami writer block dengan alasan yang Saya buat-buat sendiri.

Palung terdalam dari perjalanan blog ini adalah ketika masa berlangganan domain berbayar sudah jatuh tempo dan belum sempat terbayar. Akhirnya domain blog ini pun hangus. Ketika ingin Saya reaktivasi lagi ternyata biaya yang harus bayarkan mahal sekali. Biaya berlangganan tahunan yang sebesar ratusan ribu rupiah menjadi jutaan untuk mereaktivasi. Saya semakin kehilangan semangat.

Sempat terlintas dalam pikiran untuk berhenti menulis di blog saja, tapi mau Saya kemanakan ceria-cerita dalam pikiran yang tidak ada yang mau mendengar ini? Akhirnya Saya coba untuk tetap menulis dengan mngubah nama domain menjadi sub domain dot blogspot. Kembali ke nama gratisan.

Tahun ini Saya juga mencoba membuat blog dengan niche yang lebih spesifik dan jelas. Saya buat blog khusus untuk posting foto-foto dari kamera digital. Saya buat blog khusus untuk bercerita tentang traveling dengan sepeda. Saya buat juga blog khusus untuk menceritakan pengalaman mendaki gunung dan seputar camping.

Saya mulai agak rajin ngonten di sana. Meski ya tidak setiap hari. Kadang juga tidak tahu mau menulis apa padahal di kolom draft sudah tertulis judul posting.

Di penghujung tahun ini, di sisa waktu yang ada. Saya mencoba menuliskan dan merefleksikan pikiran tentang blog ini selama setahun ini.

Tahun ini banyak waktu Saya habiskan untuk gowes dan motret, tentu saja setelah banyak rebahan di kasur.


Comments