Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Gowes dan Hunting Foto ke Situs Raos Pecinan

 Saya suka gowes ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian. Rasanya itu tenang banget, enak buat istirahat setelah capek gowes. Biasanya yang sering Saya lakukan untuk mencari tempat tujuan gowes itu dengan berselancar di Google Maps. Jika melihat daratan hijau tanpa ada bangunan biasanya Saya akan mencari-cari di sekitar situ ada tempat yang asyik atau tidak. Atau biarkan Google Maps mensugesti lokasi, tinggal pilih sendiri mana yang cocok.

Gowes ke Situs Raos Pecinan, foto ini di potret dengan kamera ponsel Nokia C5-00.

Candi atau situs bersejarah biasanya sepi pengunjung kecuali yang ada di tengah pemukiman atau ada banyak warung di sekitarnya. Nah, Situs Raos Pecinan ini lumayan berjarak dari pemukiman dan tidak terlalu terkenal. Saya lihat review dan foto yang diposting masih sedikit. Membuat Saya semakin yakin untuk ke sana. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dan medannya datar-datar saja dari rumah.

Waktut Saya berangkat agak siang, langit cerah matahari bersinar terik. Sampai di Situs Raos Pecinan sebelum tengah hari. Beruntung di sana masih ada pohon yang teduh meski di tengah ladang tebu. Lokasi Situs Raos Pecinan ini terletak di Pinggiran Pasuruan, dekat dengan perbatasan Sidoarjo dan Mojokerto juiga, lebih tepatnya ada di Carat. Letaknya juga berdekatan dengan Jalan Arteri Gempol tapi untuk kesini harus lewat Carat.

Selama di Situs Raos Pecinan, setalah dirasa cukup istirahat, Saya mencoba motret dengan hape Nokia C5-00. Motret dengan kamera dari hape lawas tentu Saya tidak berharap hasil foto yang bagus, tapi senang saja bisa melihat alat komunikasi lawas yang kameranya masih berfungsi. Hasilnya pun lumayan selama cahayanya cukup.

Puas motret dan energi terkumpul kembali, Saya lanjut gowes menuju pulang. Kalau berangkatnya Saya lewat jalan raya, pulangnya sengaja Saya blusukan lewat jalan tanah di anatara sawah dan tanggul Kali Sadar. Oh ya, Situs Raos Pecinan ini juga berdekatan dengan Kali Sadar. Dari situs ini jalan off roadnya sampai ke Ngoro. Siang-siang lewat jalan ini seru juga. Beberapa titik jalan becek dan berkubang bekas air hujan. Ingin rasanya gowes lebih santai lagi tapi langit mulai mendung. Saya harus buru-buru pulang biar tidak kehujanan.

Foto-foto yang Saya ambil selama di Situs Raos Pecinan.

Di Situs Raos Pecinan terdapat dua arca besar menghap ke barat. Dulu mungkin kedua arca ini terpendam di dalam tanah, setelah ditemukan dan digali arcanya tidak diangkat ke atas. Jadi sekarang tempatnya yang digali ke bawah.

Mencoba motret lebih dekat dengan arca. Kamera pada ponsel Nokia C5-00 ini tidak bisa menguatak-atik fitur manual. White balance auto, sehingga foto-foto di sini punya warna kehangatan yang berbeda.

Situs Raos Pecinan terletak di antara ladang tebu.

Gowes pulang lewat jalur off road.


Comments