Subscribe

Popular Posts

Flickr Images

Like us on Facebook

Skip to main content

Pantai Menganti yang Enak Buat Jalan Kaki

Awal bulan Maret ini Saya sempat main-main ke Pantai Menganti, pantai yang berada di pojok barat Kabupaten Kebumen. Perjalanan menuju ke sana Saya tak begitu ingat karen waktu itu sedang ngantuk dan berusaha tidur. Yang Saya ingat saat itu Saya sampai di Pantai Menganti waktu sudah siang dan perjalanannya terasa lama. Mungkin hampir dua jam dari pusat kota Kebumen. Dari sekian pantai yang pernah Saya kunjungi, yang paling berkesan dari pantai ini adalah pedestriannya, nyaman dar rapi sekali, nanti Saya ceritakan lagi.

Panorama Pantai Menganti, Kebumen.
Ketika sampai di Pantai Menganti, pengunjung akan bertemu dengan TPI, dari sini pengunjung akan langsung diarahkan belok kanan, ke area parkir di barat. Di area parkir ini terdapat banyak warung yang menjual beragam makanan dan minuman dengan menu utama sea food. Sebelah selatan dari area parkir ini langsung menghadap pantai, terdapat pantai pasir putih yang panjang. Sebelah utara dari area parkir terdapat tebing yang tinggi sekali yang kalau dipandang lama-lama bisa bikin kepala pusing.

Dari area parkir ini terdapat shuttle bus (pick up yang dimodifikasi) yang akan mengantar pengunjung ke sisi lain Pantai Menganti. Pantai yang lebih indah dan rekreatif. Pantai yang bikin Saya terkagum sambil bilang "whoaah, keren sekali" dan yang membuat berkesan, seperti yang Saya bilang tadi, pedestrian. Shuttle bus mengangkut pengunjung dari area parkir melewati TPI terus ke arah timur dan sampailah drop area. Dari sini pengunjung akan melanjutkan lagi dengan berjalan kaki, tenang saja, pedestriannya bagus juga kok.

Area penjemputan Shuttle Bus.
Hal lain yang unik dari Pantai Menganti ini adalah ternyata di sini terdapat batuan lava (pillow lava). Batuan yang terbentuk dari letupan lava di dasar samudera yang mendadak membeku karena bertemu langsung dengan air laut. Proses ini terjadi jutaan tahun yang lalu. Kemudian karena tumbukan lempeng benua selama puluhan juta tahun batuan ini terangkat ke permukaan. Sebenarnya di Kebumen juga ada Geopark yang mengkonservasi batuan dasar samudra ini, tempatnya di Karangsambung, ada LIPI juga di sana.

Pedestrian yang nyaman dan pagar yang menurut saya aestetik.

Batuan Lava di Pantai Menganti.

Lanjut berjalan kaki di pedestriannya Pantai Menganti yang nyaman ini. Jalur pejalan kaki ini akan mengantarkan pengunjung ke pantai-pantai karang lain di Menganti, jalur ini melipir tepi pantai. Di sepanjang jalur pedestrian juga terdapat banyak gazebo kecil (yang lebih kelihatan seperti gubuk mesum) yang bisa digunakan untuk istirahat. Jalur ini akan menuntun pengunjung menuju pick up area shuttle bus. Area penjemputannya sudah dekat dengan TPI, mungkin memang dirancang begitu agar pengunjung berbelanja, ada banyak penjual souvenir juga di sini.

Dipotret dari atas area parkir, di bawah itu ada pantai berpasir yang panjang dan banyak warung juga.

Bisa berjalan-jalan sambil nyeker (tanpa alas kaki) kalau ingin merasakan butiran pasir pantai.

Gubuk-gubuk kecil di Pantia Menganti, beristirahat sambil memandangi lautan.
Puas menikmati pemandangan dan makan-makan di Pantai Menganti, Saya pun pulang.


Comments