Foto Dari Balik Jendela Pesawat

10:56 PM

Saya sering berpergian ke tempat jauh tapi jarang naik pesawat karena jarang juga bepergian keluar pulau Jawa, paling juga Bali atau Lombok yang biasa Saya tempuh dengan perjalanan darat kemudian menyebrang naik kapal feri. Namun memotret langit dari balik jendela pesawat memiliki pengalaman tersendiri.

Bandung dari balik Jendela Pesawat.
Pertama kali naik pesawat, waktu itu bepergian ke Bandung. Jauh-jauh hari sebelum berangkat sudah membayangkan bagaimana kalau nanti motret selama penerbangan, untuk pertama kali. Mangkanya itu waktu packing kamera Saya masukkan ke dalam tas kecil berbeda dengan barang bawaan lain yang masuk ke dalam carrier. Tentu agar mudah diakses nantinya. Beruntung saat di dalam pesawat Saya mendapat bangku tepat di tepi jendela.

Lama setelah pesawat lepas landas belum juga meotret. Karena tidak menemukan pemandangan yang saya kira akan menarik kalau dipotret. Pemandangan di atas sana tidak berbeda dari di daratan, bagus jeleknya tergantung cuaca dan kreativitas. Pemandangan yang Saya bayangkan akan saya temui tidak juga tampak. Sampai beberapa saat sebelum pesawat mendarat. Pesawat berputar-putar dulu di atas Bandung. Saya melihat Bandung dari langit dan memotret beberapa frame. Tidak lama kemudian pesawat mendarat.
Selepas Landas.
Pengalaman lainnya saat bepergian ke Kalimantan. Kali ini Saya tidak duduk tepat di tepi jendela melainkan di bangku tengah. Kebetulan yang duduk di bangku tepi jendela teman Saya sendiri, jadi masih bisa sesekali memotret keluar. Tapi kali ini Saya tidak terlalu antusias untuk memotret, bukan karena duduk di bangku tengah, hanya sudah tidak terlalu tertarik saja. Penerbangan ke Kalimantan menyebrangi lautan, apa yang bisa didapat selain air?
Bersanding deru mesin.
Di luar dugaan, Saya mendapati pemandangan awan yang bergerumbul dan sesaat sebelum mendarat, daratan Kalimantan terhampar hutan hijau luas, beberapa lahan sudah dibuka entah untuk apa. Ada garis lurus, mungkin itu jalan raya atau kanal. Saya mengambil beberapa gambar.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe